WeLcoMe to My BlogspoT "si ceriwis"

Rabu, 14 Desember 2011

JENIS-JENIS RASIO (Type Of Ratio)



Secara garis besar ada 4 jenis rasio yang dapat digunakan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan, yaitu rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio laverage, dan rasio profitabiitas (rentabilitas). Keempat jenis rasio tersebut dijelaskan sebagai berikt:
  1. rasio likuidiras (liquidity ratio), yaitu rasio yang menunjukkan hubungan antara kas perusahaan dan aktiva lancar lainnya dengan hutang lancar. Rasio likuiditas digunakan untuk mengukur kemampuan peerusahaan dalam memenuhi kewajiban-kewajiban finansialnya yang harus segera dipenuhi atau kewajiban jangka pendek.
  2. rasio aktivitas (actifity ratio), atau dikenal dengan juga sebagai rasio efesiensi, yaitu rasio yang mengukur efesiensi perusahaan dalam menggunakan asset-asetnya.
  3. rasio leverage financial (financial leverage ratio), yaitu rasio yang mengukur seberapa banyak perusahaan menggunakan dana dari hutang (pinjaman).
  4. rasio keuntungan (profitability) atau rentabilitas, yaitu rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan dari penggunaan modalnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More